Rabu, 29 April 2015

Kredibilitas Akuntan Menunjang Persaingan Internasional



Oleh : Latifah

Ekonomi merupakan suatu aspek penting yang dijalankan oleh Pelaku ekonomi yang  mencakup seluruh entitas masyarakat yang berada pada suatu Negara. Pelaku ekonomi melakukan usaha atau bisnis perseorangan, maupun perseroan. Seluruh profesi yang ada di suatu negara pun berperan penting terhadap perkembangan perekonomian negara tersebut. Masing-masing dari mereka baik Pegawai Negri, wirausaha, Buruh, dsb menyumbang sekian persen bagi perekonomian Negara Indonesia. Seberapa signifikan sumbangsih yang diberikan oleh masing-masing profesi tersebut akan terlihat dari laporan keuangan yang mereka sajikan. Semakin besar pendapatan  yang didapatkan, maka semakin besar pula sumbangsih mereka terhadap perekonomian Indonesia.

Acuan laporan keuangan yang disajikan sehingga dapat menjadi standar untuk pengambilan keputusan, haruslah berupa laporan keuangan yang valid dan akurat serta dapat dipahami oleh seluruh negara sehingga diakui dan dapat berlaku di negara lain.

Jika kita membahas mengenai perekonomian suatu negara, maka tak akan luput dari suatu ilmu yang bersinergi dengan nya yang kita kenal dengan ilmu Akuntansi. Akuntansi merupakan suatu proses identifikasi, ringkasan, dan pengolahan data atas sebuah transaksi yang punya kaitan dengan urusan keuangan sekaligus menghasilkan suatu laporan keuangan . dan dari laporan keuangan ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengambil dan membuat keputusan. Ketika suatu perekonomian membutuhkan laporan keuangan yang valid dan akurat, maka dengan kata lain bahwa perekonomian membutuhkan ilmu yang menyajikan laporan keuangan tersebut yaitu ilmu Akuntansi. Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi/negara, dan dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi didalamnya.

Disaat ilmu akuntansi bersinergi dengan perekonomian negara, maka negara pun membutuhkan subjek yang menyajikan laporan keuangan tersebut yaitu seorang akuntan. Profesi  Akuntan adalah profesi yang sesuai dengan kebutuhan negara dalam penyajian laporan keuangan yang akurat dan valid. Akuntan adalah profesi yang menyediakan informasi keuangan dari kegiatan ekonomi melalui alat-alat, metode, standar yang berlaku guna perencanaan, pengevaluasi, pengendalian, dan pengukuran kinerja.

Telah disinggung sebelumnya bahwa laporan keuanga yang dibutuhkan dan digunakan oleh suatu negara aalah laporan keuangan yang valid dan akurat, bukan laporan keuangan yang menyimpang dari keadaan yang sesungguhnya. Banyak kasus penyimpangan yang berimplikasi besar terhadap kondisi ekonomi dan keuangan. Misalnya Enron dan beberapa bank invesitasi di AS dan Indonesia sekitar tahun 90-an, penyimpangan yang terjadi pada Bank Panin cabang Banjarmasin, dsb. Penyimpangan yang terjadi, menyebabkan bergugurannya harga-harga instrumen keuangan hingga krisis moneter dunia dan berimbas pula pada perekonomian Indonesia.
Profesi akuntansi terbagi menjadi beberapa macam, yaitu
Akuntan Perusahaan : Akuntan yang bekerja secara internal di perusahaan dan bertugas mempersiapkan informasi keuangan untuk perusahaan dimana mereka bekerja
Akuntan Publik : Akuntan yang memiliki posisi independen, dan bekerja untuk berbagai pihak yang membutuhkan jasa mereka dalam memeriksa dan menilai kewajaran laporan keuangan suatu perusahaan
Akuntan Pemerintah : Akuntan yang bekerja untuk kepentingan pemerintah, dan bertugas mengamankan berbagai kepentingan pemerintah.
Akuntan pendidik : Akuntan yang mengabdikan dirinya di dalam suatu institusi tertentu yang bertugas mempersiapkan,

Negara membutuhkan keseluruhan profesi akuntan diatas dalam mencatat, menyajikan, dan melaporkan laporan keuangan untuk menunjang perekonomian Indonesia. Keseluruhan perusahaan atau organisasi Negara memerlukan adanya Akuntan Perusahaan serta akuntan Publik. Pemerintah memerlukan adanya akuntan pemerintah untuk menyajikan laporan keuangan, dan dalam bidang pendidikan membutuhkan adanya akuntan Pendidik untuk mencetak generasi-generasi akuntan yang selanjutnya.

Sebuah laporan keungan haruslah Relevan, mudah dimengerti, Dapat diuji kebenarannya, Ditujukan secara umum, tepat waktu, laporan keuangan sebuah perusahaan harus dapat dibandingkan dengan perusahaan itu sendiri pada periode-periode sebelumnya atau dibandingkan dengan perusahaan lain pada periode yang sama atau dengan kata lain, laporan keuangan suatu negara harus dapat dibandingkan dengan negara itu sendiri pada periode-periode sebelumnya atau dengan negara lain pada periode yang sama, dan laporan keuangan harus menyajikan semua fakta keuangan yang penting.

Akuntan tak hanya dibutuhkan secara regional ataupun Nasional, lebih dari itu Akuntan dibutuhkan dalam persaingan Ekonomi Internasional. Salah satu aspek yang dibutuhkan dalam persaingan ekonomi Internasional yaitu Laporan keuangan yang memenuhi standar Internasional sehingga dapat bersaing dengan negara lain dan diakui oleh Negara di seluruh Dunia. Laporan keuangan yang berdasarkan standar Internasional tersebut pula yang dijadikan Negara Indonesia untuk dapat menarik Investor Asing sehingga mereka bersedia menanamkan Modal di Indonesia.

Akuntan selain bertugas menyajikan laporan keuangan atas aktivitas-aktivitas yang telah lalu juga berfungsi untuk menyediakan data dan informasi bagi pengambil keputusan manajemen untuk operasi harian dan perencanaan operasi masa depan yang merupakan fungsi dari Akuntan Manajemen. Ia juga berfungsi sebagai alat pengendalian biaya. Bahkan ada pula bidang akuntansi yang memfokuskan diri pada persoalan akuntansi yang terkait dengan transaksi Internasional yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam memahami hukum dan aturan perpajakan dimana perusahaan dalam suatu negara tersebut beroperasi.

Untuk penyajian laporan keuangan yang memenuhi persyaratan diatas, untuk penyediaan data bagi manager (perusahaan) atau bagi pemerintah dalam mengambil keputusan dengan tepat, untuk memahami hukum internasional serta perpajakan dengan relevan, maka dibutuhkan sosok akuntan yang memiliki kredibilitas dalam menjalankan fungsinya. Kredibilitas yang dimaksud adalah kemampuan dalam menjalankan fungsi-fungsi diatas dengan tepat serta memiliki kode etik seorang Akuntan. Seperti yang telah dibahas pada paragraf awal bahwa penyimpangan akan menimbulkan permasalahan. Dan penyimpangan yang terjadi tidak lain adalah disebabkan karena kurangnya Integritas seorang Akuntan serta hilangnya Kode Etik akuntan tersebut.

Kredibilitas Akuntan atau akuntan yang memiliki Integritas serta kode Etik, Menopang negara Indonesia dalam menghadapi persaingan Internasional. Data yang disajikan oleh seorang akuntan manajemen dapat menjadi acuan yang tepat bagi manager (perusahaan) ataupun pemerintahan dalam mengambil keputusan sehingga dapat memperoleh keutungan yang signifikan dengan cara yang tepat dan tak menyimpang sihingga dapat menyumbangkan angka yang signifikan bagi perekonomian Indonesia dan dapat bersaingan dalam Ranah Internasional serta memiliki catatan tak tertinggal bahkan unggul dibandingkan dengan negara-negara lain. Laporan keuangan yang disajikan oleh akuntan keuangan yang memenuhi standar Akuntansi dapat menjadi senjata untuk menarik Investor Nasional maupun Internasional dalam memenuhi modal suatu usaha dan dapat menyumbangkan angka yang signifikan pula bagi perekonomian Indonesia. Dan menjadi modal yang besar untuk dapat bersaing dalam perekonomian Internasional.

Profesi Akuntan merupakan profesi yang strategis untuk mendorong perekonomian Indonesia sehingga dapat bersaing di kancah Internasional. Akuntan sangat dibutuhkan, dan memiliki organisasi khusus untuk meningkatkan mutu seorang Akuntan. Diantara organisasi tersebut adalah IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) yang memiliki lebih dari 17.000 Anggota di seluruh Indonesia. Profesi Akuntan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan waktu. Dan hal yang harus dipertahankan dan terus diperkembangkan adalah Akuntan yang memiliki Integritas dan Kode Etik sebagai seorang Akuntan sehingga dapat menjadi penunjang dan penopang persaingan Ekonomi Global.

3rd Winner Essay Competition
At DIRHAM 2015 (Days of Internal and External HAMAS Competition)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar