Rabu, 29 April 2015

Kontribusi Akuntan Indonesia di Mata Internasional



Oleh : Amalia Fatia dan Salma Hanifah

Di balik pesatnya pertumbuhan ekonomi yang diiringi oleh peningkatan peran akuntan Indonesia, Indonesia masih belum mampu menyetarakan diri dengan negara-negara asing khususnya negara tetangga. Hal ini di sebabkan oleh kurangnya kepahaman terhadap kode etik yang seharusnya menjadi tolak ukur bagi seorang akuntan. Dalam kesempatan ini saya akan mengupas tuntas peran akuntan untuk mendorong persaingan internasional.

Mari kita pahami apa arti akuntansi itu sendiri, Akuntansi merupakan seni dalam menganalisa, mencatat, menggolongkan, dan mengidentifikasi kondisi keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Sedangkan akuntan adalah seorang yang memiliki kompetensi dan keahlian di bidang akuntansi yang telah menempuh pendidikan di bidang akuntan.

Berdasarkan definisi di atas profesi akuntan sendiri adalah bertugas untuk menyediakan kegiatan informasi keuangan yang bermanfaat bagi banyak pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomik. Hal tersebut menerangkan bahwa betapa pentingnya profesi akuntan dalam dinamika ekonomi global. Profesi akuntan dianggap sebagai urat nadi perekonomian global. Informasi yang dihasilkan akan menjadi landasan utama bagi kebijakan ekonomi yang akan diambil oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Kehandalan dan kompetensitas menjadi sesuatu keharusan bagi seorang akuntan.

Belajar dari kejayaan perekonomian indonesia di masa lalu bahwa kemajuan yang terjadi pada saat sebelum krisis dihasilkan oleh banyaknya investor asing yang menanamkan modal di indonesia bukan karena inovasi atau efisiensi dana oleh indonesia. Hal ini yang menyebabkan lambatnya perkembangan perekonomian indonesia untuk ikut bersaing di kancah internasional. Karena banyak sekali akuntan yang melupakan jati dirinya sebagai penganalisa masalah dan sebagai fasilitator. Di buktikan oleh banyaknya investor asing yang menarik diri dari penanaman modal, karena pencatatan atau penyajian data yang di tidak valid atau meragukan, disinilah peran pokok akuntan yang terlupakan.

Dewasa ini akuntan indonesia sudah mampu berkontribusi dalam pemulihan perekonomian indonesia sejak krisis moneter hingga saat ini walaupun terkesan sangat lamban. Kembali ke peran akuntan sebagai penganalisa, seorang akuntan yang mampu memberi data yang tepat dan analisa yang matang mampu menjadi daya tarik investor asing untuk menanamkan modal di indonesia karena memberikan kesan yang meyakinkan. Sebagai fasilitator dalam perencanaan ekspansi akuntan juga mampu memberikan identifikasi kondisi keuangan indonesia agar mampu mengambil keputusan strategis dalam melakukan perdagangan atau kerjasama luar negeri yang nantinya akan berdampak positif dalam berkembangan dan kemajuan perekonomian indonesia di kancah internasional.

Ikut bersaing di kancah internasional bukan perkara yang mudah bagi bangsa ini. Negara dengan jumlah penduduk ke 4 terbesar di dunia dan dengan pendapatan per kapita rendah harus melakukan pembenahan terlebih dahulu lalu perbaikan sampai pada akhirnya adanya pemulihan. Akuntan indonesia sangat berperan penting dalam pelaksanaan tiga tahap tersebut, pembenahan yang dilakukan oleh seorang akuntan adalah pembenahan data atau verifikasi data baik dalam laporan akhir atau anggaran dana agar tidak terjadi kecurangan. Untuk memaksimalisasi peran ini harus ada pemantapan profesionalisme serta penetapan kode etik akuntan agar semua aspek dapat di percaya dan dipertanggung jawabkan.

Sistem standarisasi sudah cukup memadai sehingga cukup sulit untuk suatu organisasi  memalsukan data namun yang terjadi saat ini adalah penyimpangan-penyimpangan yang di lakukan oleh individu yang berprofesi sebagai akuntan oleh sebab itu ketegasan kode etik akuntan harus di perbaiki. Indonesia di golongkan sebagai negara yang memiliki mekanisme yang rendah terhadap sistem keuangan sehingga mudah disusupi oleh aktivis kriminal.

Memperbaiki citra akuntan di mata publik juga perlu di lakukan agar kepercayaan terhadap akuntan terpupuk kembali, dan mampu memaksimalisasikan peran akuntan untuk indonesia di kancah internasional karena adanya kepercayaan diri yang kuat sehingga melahirkan analisa-analisa yang tepat. Namun teknologi yang tinggi juga harus menjadi pendukung utama agar peran-peran tersebut direalisasikan secara maksimal. Ketika seorang akuntan sudah terakreditasi maka analisa bisnis menjadi efektif  dan efesien.

Di kancah internasional jabatan sebagai akuntan bukanlah hal sepele yang mampu di duduki oleh sembarang orang, maka dari itu sudah menjadi rahasia umum bahwa akuntan adalah aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Akuntan Indonesia punya kontribusi yang tidak ternilai untuk persaingan perekonomian Indonesia di kancah internasional terutama di bidang saham, analisa-analisa peluang keuntungan bisnis yang di tawarkan oleh akuntan indonesia mampu mengundang banyak investor  asing  yang berdampak positif pada kemajuan dunia usaha di indonesia. Mulai dari membuka lapangan pekerjaan sampai menstabilkan nilai mata uang rupiah.

Bisa di katakan bahwa akuntan adalah moderator bisnis karena melalui data yang dihasilkan akuntanlah informasi bisnis di komunikasikan kepada pemangku kepentingan. Jadi selain sebagai penganalisa dan pemberi data akuntan juga berperan penting dalam membenahi serta memperbaiki perekonomian Indonesia sehingga mampu memberikan daya tarik positif kepada investor asing untuk menanamkan modal ke perusahaan-perusahaan Indonesia. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap persaingan pembangunan dan kemajuan perekonomian Indonesia di kancah internasional.

Juara Harapan II Essay Competition
At DIRHAM 2015 (Days of Internal and External HAMAS Competition)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar