Rabu, 29 April 2015

Urgensitas Akuntan dalam Mengembangkan Perekonomian



Oleh : Ach. Nizar Zulmi

Prolog

Persaingan dunia usaha pada era globalisasi seperti sekarang, telah menjadikan  dunia usaha semakin kompleks, yang secara otomatis menuntut adanya perkembangan berbagai disiplin ilmu termasuk akuntansi. Berkembangnya sistem ekonomi di indonesia juga menuntut perkembangan ilmu akuntansi, sehingga akuntansi bukan merupakan sebuah disiplin ilmu yang stagnan. Ketika dalam dunia bisnis mengenal istilah pasar modal, maka akuntansi akan mengikutinya dengan membuat Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) tentang pasar modal. Implikasi dari kehidupan bisnis yang semakin maju tersebut dan mudahnya transfer modal secara global yang terjadi antar negara menuntut terciptanya tatanan ekonomi yang sehat, transparan dan fair . Dengan begitu proses pertumbuhan ekonomi suatu bangsa bisa menjadi semakin berkualitas, optimal, dan bisa dipertanggung jawabkan secara sosial.

Urgensitas seorang akuntan

Seiring dengan tumbuhnya perekonomian di  Indonesia yang semakin gencar, maka profesi seorang akuntan sangat dibutuhkan dalam membantu menjaga perkembangannya. Bahkan akuntan sangat dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis yang masih kecil. Hal ini dikarenakan Semua proses bisnis pada umumnya tidak bisa lepas dari campur tangan seorang akuntan. Mulai dari proses akumulasi, produksi dan distribusi sumberdaya ekonomi, semuanya membutuhkan jasa seorang akuntan. Mulai dari perencanaan dalam membangun bisnis, sampai bisnis itu dijalankan dan berkembang, tidak bisa lepas dari peran seorang akuntan. Sehingga Untuk menjadikan perekonomian nasional yang sehat dan efisien, akuntan memiliki peran yang sangat besar, terutama untuk meningkatkan transparansi laporan keuangan dan penyajian kualitas informasi keuangan yang profesional.  Akuntan juga berperan di semua sektor: baik di sektor  publik, privat, maupun usaha nirlaba. Baik itu usaha “konvensional” atau “syariah”. Bahkan Profesi Akuntan menyebar di dalam dan di luar instansi pemerintah.

Diantara perkembangan ekonomi Indonesia tidak bisa dilepaskan dari berkembangnya pasar modal yang terjadi antar negara. Dengan adanya pasar modal, maka perputaran uang yang terjadi semakin berkembang pesat, Sehingga banyak investor dari luar yang tertarik untuk menginvestasikan modalnya di indonesia. Namun tanpa adanya standar akuntansi yang baik dan profesi akuntan yang kuat, maka pasar modal di Indonesia hanya akan mengundang investor-investor jangka pendek yang senang berakrobatik menantang risiko. Bahkan untuk berani menaruh dana investasi, seorang investor butuh jasa seorang akuntan, untuk menganalisa apakah investasi  mereka akan menguntungkan. Hal ini dikarenakan setiap pengambilan keputusan yang bersifat keuangan harus berdasarkan informasi akuntansi. Sehingga menjadikan akuntan sebagai suatu profesi yang sangat dibutuhkan keberadaannnya dalam lingkungan organisasi bisnis. Sehingga  akuntan dan standar akuntansi pada masa sekarang merupakan soft infrastructure yang sangat penting dalam menopang transparansi dan akuntabilitas pembangunan perekonomian. Dengan adanya investor-investor baru yang mau menaruh uangnya dalam dunia bisnis, maka secara otomatis pertumbuhan ekonomi di indonesia akan semakin pesat, sehingga nantinya juga akan bisa berbicara banyak di dunia internasional.

Peran akuntan dalam mengembangkan ekonomi

Secara umum seorang akuntan bertugas untuk menghadirkan informasi bagi para pengambil keputusan tentang kejadian-kejadian ekonomi yang penting dan mendasar serta menyajikan dan sekaligus membantu mempersiapkan informasi tentang bagaimana cara mereka mengalokasikan sumber-sumber yang serba terbatas, seperti modal, tenaga kerja, dan bahan baku guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Di sektor publik, Akuntan dapat mendorong pengelolaan keuangan negara agar berjalan semakin tertib, jelas, transparan, dan semakin akuntabel. Di sektor swasta, Akuntan menyiapkan laporan keuangan yang terpercaya dan dapat diandalkan, sehingga para investor bisa tenang dan percaya ketika menaruh modalnya. Tujuan dari adanya Akuntansi Sektor Publik adalah untuk memberikan informasi yang diperlukan untuk mengelola secara tepat, efisien dan ekonomis atas alokasi suatu sumber daya yang dipercayakan kepada organisasi (terkait dengan pengendalian manajemen) dan untuk memberikan informasi yang memungkinkan bagi manajer untuk melaporkan pelaksanaan tanggung jawab secara tepat dan efektif program dan penggunaan sumber daya yang menjadi wewenangnya dan memungkinkan bagi pegawai pemerintah untuk melaporkan kepada publik atas hasil operasi pemerintah dan penggunaan dana publik (terkait dengan akuntabilitas). Sedangkan fungsi yang paling utama dari seorang akuntansi di suatu perusahaan adalah untuk mengetahui informasi tentang keuangan yang ada di perusahaan tersebut. Dari suatu laporan akuntansi kita dapat melihat perubahan keuangan peusahaan yang terjadi di perusahaan,entah itu rugi ataupun untung. Tidak hanya itu, seorang akuntan juga sangat diperlukan untuk memelihara kepercayaan investor. Karena tanpa adanya akuntan yang melaporkan kegiatan bisnis secara transparan, bisa mengakibatkan kasus korupsi, yang notabene-nya bisa berakibat hilangnya kepercayaan dari para investor.

Penutup

Praktik akuntansi yang baik akan mendorong pelaporan bisnis yang transparan dan akuntabel. Sehingga pada akhirnya akan bisa menarik para investor, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dan pada akhirnya juga akan menyebabkan perekonomian di indonesia bisa bersaing di dunia global. Namun untuk menghasilkan akuntansi yang baik, diperlukan standar akuntansi dan profesi akuntan yang memadai baik dari jumlah maupun kualitasnya. Tanpa pelaporan bisnis yang akuntable, pembangunan ekonomi di Indonesia akan dicurigai oleh para investor asing yang berinvestasi, sehingga juga berakibat pada lemahnya sektor perekonomian di indonesia.

Juara Harapan I
Essay Competition DIRHAM 2015
(Days of Internal and External HAMAS Competition)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar