Kamis, 22 Oktober 2015

Mumas, Pertanda Masa Jabatan Akan Berakhir



(21/10) Acara tahunan Mumas (Musyawarah Mahasiswa) kembali berlangsung. Tema yang diusung kali ini adalah “Melangkah Bersama Menuju Akuntansi Berprestasi”. Masih sama seperti PSAK sebelumnya, panitia diambil dari calon pengurus angkatan 14. Hal ini dilakukan agar bisa mendapat penilaian objektif mengenai kinerja mereka.
Acara dimulai pukul 16:00, agak terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan. Untuk mempersingkat acara, pembukaan langsung dipimpin oleh MC Izza Pradana Putra. Untaian puisi dari MC mencairkan suasana yang sebelumnya agak tegang. Setelahnya, Puket I Bid. Akademik, Sugiyarti Fatma Laela, M.Buss, Acc, CMA, memberikan sambutan mengenai beberapa isu-isu yang terpenting saat ini. Sesuai dengan tema, beliau mengemukakan bahwa saat ini proses menuju International Student perlu dilakukan. Hal ini dapat ditempuh dengan berbagai cara. Misalkan, ada situs mengenai Student Association. Disana kita dapat bergabung sambil bertukar informasi mengenai bagaimana kondisi pembelajaran di negara lain. Masih dari sisi eksternal, saat ini sedang digalakkan Exchange Programme. Dari negara tetangga, sudah ada negara Thailand yang menawarkan Summer Course ke salah satu Universitas mereka. Dengan adanya program tersebut maka akan bermanfaat demi terwujudnya akuntansi berprestasi dalam dunia global.
Selanjutnya, acara inti berupa sidang dipimpin oleh Presidium I, II, III (berturut-turut Febriani Fitria, Sri Malvika dan Nayla Adhima). Hal yang dibahas terdiri dari 7 komponen yaitu;
  1. Laporan Pertanggungjawaban
  2. Pemilihan Dewan Pengawas Mahasiswa akuntansi Islam (DPMA) HAMAS
  3. Tata Tertib Musyawarah Mahasiswa
  4. Sidang Pleno AD/ADR
  5. Garis-Garis Besar Haluan Program Kerja HAMAS (GBHPK)
  6. Garis-Garis Besar Haluan Organisasi HAMAS (GBHO)
  7. Pedoman Peraturan Organisasi (PPO)
Pembacaan laporan pertanggungjawaban dibacakan langsung oleh Hadiatullah, Ketua HAMAS 2014/2015. Laporan kemudian “diterima dengan syarat” oleh peserta sidang. Artinya, perlu ditinjau kembali kendala-kendala yang ada. Apakah memang masuk akal atau memang diada-adakan. Jangan sampai hal seperti itu membuat pengurus agak longgar dalam menjalankan proker masing-masing departemen. Tepat pukul 17:32 Laporan Pertanggungjawaban selesai dibacakan dan ditetapkan sah oleh Presidium. Sidang selanjutkan diistirahatkan selama 30 menit untuk ISOMA.
Agenda selanjutnya yaitu pengumuman DPMA 2015/2016. Pada akhirnya, jabatan tersebut diamanahkan kepada Hadiatullah, Hadi Saputra dan Anis Aulia Muslim. Ketiganya kemudian memimpin sidang menjadi Presidium I, II dan III, menggantikan pemimpin sidang sebelumnya. Poin ketiga sampai poin terakhir dilanjutkan oleh DPMA terpilih. Sempat ada beberapa perubahan mengenai AD/ART yang diajukan oleh para peserta sidang. Pemberian interupsi serta saran perbaikan dilakukan menurut tata cara sidang. Baik itu dari segi redaksi maupun perubahan kata-kata yang dianggap tidak sesuai. Pembacaan AD/ART dilanjutkan dengan GBHPK, GBHO dan PPO
Tepat pukul 20:22 Surat Ketetapan mengenai PPO (Pedoman Peraturan Organisasi) disahkan oleh Presidium. Hal tersebut menandai berakhirnya agenda inti pada mumas hari ini. Agenda Mumas hari kedua dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua dan Wakil HAMAS Periode selanjutnya. Selamat bagi DPMA yang sudah terpilih. Penasaran siapa yang akan menjadi pemimpin HAMAS masa amanah 2015/2016? Jadi, bagi mahasiswa Akuntansi Islam, jangan lupa untuk hadir serta memberikan suara bagi calon terbaik menurut anda pada Kamis, 22 Okt 2015. (day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar