Kamis, 01 Januari 2015

Diskusi Interaktif Bersama General Manager PT. Az-Zikra Negeri Berkah

31 Dec 2014- Kunjungan dari General Manager PT. Az-Zikra Negeri Berkah (Zikra Mart)Bapak Wahyudiyanto sekaligus menjadi penutup bagi penghujung tahun 2014 ini. Kunjungan dilakukan dalam rangka pembelajaran mata kuliah Accounting Information System di kelas AI-A-13 Materi pada pertemuan kali ini adalah Siklus Pengeluaran. Nah, karena siklus pengeluaran ini terkait dengan kegiatan yang ada di perusahaan, maka pembelajaran baiknya didapat langsung dari ahlinya. Setelah pembukaan acara dan penjelasan secara singkat secara teori dari para presentator, Bapak Wahyudianto mulai menjelaskan Siklus Pengeluaran pada praktiknya. Penjelasan dilakukan sangat terperinci dari awal sampai akhir siklus tersebut. Apalagi melalui segudang pengalaman beliau di perusahaan-perusahaan retail terkemuka. Ibaratnya, asam dan garam sudah beliau rasakan, mulai dari posisi bawah sampai posisi sekarang ini.

Kunjungan singkat ini benar-benar bermanfaat karena dijelaskan langsung pada praktiknya seperti apa. Banyak ilmu-ilmu yang tidak bisa didapatkan dari bangku perkuliahan. Diskusi berlangsung dengan hangat melalui banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para mahasiswa/i. Sistem yang diterapkan di Dzikra Mart sendiri diakui lulusan Fak. Teknik Perikanan ini kurang daripada swalayan-swalayan yang ada lebih dulu. Alasannya karena mereka baru berdiri. Tetapi, mereka terus membenahi dan melakukan pembaruan. Contohnya saja, mereka memiliki ide untuk menerapkan Kartu Dhua'fa bagi masyarakat yang tidak mampu. Nantinya, akan diberikan potongan harga atau bahkan gratis bagi produk-ptoduk tertentu khusus untuk kaum Dhua'fa. Pria kelahiran Tulungagung ini juga juga menginginkan adanya semacam kelas kuliah bagi karyawan mereka nanti di lantai 2 Dzikra Mart. Mengenai bagaimana lanjutnya masih dalam tahap perencanan. Hal itu dilakukan agar karyawan menjadi profesional sesuai bidangnya. Mungkin akan ada kerjasama kedepannya dengan pihak STEI Tazkia.

Keistimewaan Dzikra Mart dibandingkan minimarket lainnya adalah mereka tidak menyulitkan pengusaha mikro/pedagang kecil. Malah, pedagang kecil dapat memberikan produknya untuk dijual di minimarket tersebut. Keunggulan lainnya mereka berbasis syariah. Produk yang dijual diseleksi terlebih dahulu apakah dia halal atau tidak. Pada akhir kunjungan, beliau mengharapkan doa dari kita semua agar mereka dapat beroperasi dan berkembang menjadi lebih baik selanjutnya. (day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar